Tempat-tempat Lawatan Ketika Berada di Makkah dan Madinah

3


Jakarta – Ketika melakukan ibadah umrah, para jamaah akan mengunjungi berbagai tempat yang mengandung nilai sejarah peradaban Islam di seputar kota Makkah dan Madinah. Dari sekian banyak tempat, ada beberapa diantaranya yang wajib dikunjungi karena menjai salah satu rukun sah ibadah umrah.

Dihimpun dari Buku Panduan Manasik Umrah Multazam Utama Tour, terdapat tempat-tempat lawatan bagi jamaah umrah ketika berada di Makkah, diantaranya yaitu:a. Masjidil HaramAdalah sebuah masjid yang paling tertua di dunia ini. Masjid ini dibangun sejak zaman Nabiyulloh Ibrahim a.s. hingga saat ini. Masjid ini memiliki banyak keistimewaan dari segi pahala yang amat besar bila kita menjalankan ibadah didalamnya.

b. Ka’bah
Adalah sebuah bangunan berbentuk kubus persegi empat, dan yang pertama kali diturunkan Allah oleh Allah SWT dimuka bumi ini, serta ditetapkan Allah sebagai kiblat bagi umat Islam sedunia. Ka’bah dibangun oleh Nabi Ibrohim dan putranya (Ismail) yang dibantu oleh para Malaikat atas perintah Allah.

c. Hajar Aswad
Adalah sebuah batu yang diturunkan Allah dari surga, yang asalnya batu ini putih melebihi putihnya susu, hitamnya batu ini karena banyaknya dosa anak turun Adam yang melekat padanya.

d. Hijer Ismail
Adalah sebuah bangunan tembok setengah lingkaran yang berada disebelah Kabah, tempat ini merupakan salah satu tempat yang mustajab bila kita berdoa didalamnya.

e. Maqam Ibrohim
Adalah sebuah batu yang dipakai Nabi Ibrahim ketika membangun Kabah bersama putranya Ismail). Batu ini sekarang ditutup dengan kaca yang berbentuk runcing tirus bagian atasnya.

f. Zam-zam
Adalah nama sebuah sumur yang berada di dekat Kabah. Zam-zam memiliki arti kumpul-kumpul, dan air zam-zam tersebut dimanfaatkan untuk mencukupi keperluan Masjidil Haram dan orang-orang yang ada disekitarnya hingga saat ini.

g. Shofa & Marwah
Adalah nama dua buah bukit yang berada di dekat Masjidil Haram yang ditetapkan Allah sebagai tempat Sa’i.

h. Jabal Tsur
Adalah nama sebuah gunung yang tertinggi diantara gunung-gunung yang ada di Makkah, di puncaknya terdapat sebuah Goa bernama Tsur. Disinilah Rasulullah dan Abu Bakar bersembunyi selama tiga hari ketika dikejar orang kafir Makkah saat perjalanan hijrah ke Madinah.

i. Arafah
Adalah padang sahara yang cukup luas, di tempat inilah jamaah haji melaksanakan wukuf. Di tempat ini juga terdapat sebuah bukit bernama Rahmah.

j. Muzdalifah
Adalah nama sebuah tempat dimana para tamu Allah SWT melaksanakan Mabit/ bermalam seraya mencari batu kerikil guna melontar jumroh.

k. Mina
Adalah nama sebuah Bandar kecil yang terletak sekitar 7KM sebelah timur kota Makkah.

l. Jabal Nur
Adalah nama sebuah gunung yang mana dipuncaknya terdapat sebuah Goa bernama Hiro, di goa ini Rasulullah SAW menerima wahyu yang pertama kali.

m. Ja’ronah
Adalah nama sebuah perkampungan yang berada kurang lebih 16KM dari kota Makkah, disini terdapat sebuah masjid Jaronah. Di masjid ini Rasulullah dan para sahabat mengambil Miqot umrah setelah perang Hunain.

n. Tan-im
Adalah nama sebuah tempat yang berada kurang lebih 6KM dari Masjidil Haram, di sini terdapat sebuah Masjid ‘Aisyah karena dari sini ‘Aisyah ditemani oleh Abdurrahman bin Abu Bakar Ash-Shidiq (saudara kandung ‘Aisyah) mengambil Miqat Umrah.

Tempat-tempat lawatan ketika berada di Madinah Al-Munawaroh

a. Masjid Nabawi
Adalah sebuah masjid terbesar yang ada di Madinah. Masjid ini memiliki banyak keistimewaan dari segi pahala yang amat besar jika kita menjalankan ibadah didalamnya.

b. Raudloh
Adaah sebuah tempat yang ada di Masjid Nabawi yang dibatasi dengan beberapa pilar berwarna (kombinasi) putih dengan hijau muda dan permadani berwarna hijau muda dengan motif bunga.

c. Baqi
Adalah nama sebuah pemakaman umum yang ada di kota Madinah. Pemakaman ini sudah ada sejak zaman jahiliyah hingga saat ini, di makam ini lebih dari seribu sahabat dimakamkan.

d. Masjid Quba
Adalah sebuah masjid yang pertama kali didirikan oleh Rasulullah SAW saat beliau tiba di kota Madinah. Masjid ini memiliki keistimewaan dari segi pahala setara orang menjalankan ibadah umrah bagi yang menjalankan sholat didalamnya.

e. Jabal Uhud
Adalah nama sebuah gunung yang terletak kurang lebih 5KM dari kota Madinah. Di lembah gunung ini pernah terjadi peristiwa peperangan yang amat dahsyat antara kaum Muslimin (700 orang) melawan kaum Musyrikin (3000 orang).

f. Masjid Qiblatain
Adalah masjid yang memiliki dua kiblat (Maqdis dan Baitullah)

g. Handaq
Adalah nama sebuah tempat yang mana di tempat ini pernah terjadi peperangan ernama perang Handaq.

Itulah beberapa tempat yang menjadi lawatan bagi para jamaah haji maupun umrah. Biro perjalanan ibadah haji dan umrah, Multazam Utama Tour dalam Buku Panduang Manasik Umrah, selain memberikan bimbingan di dalam buku, juga memberikan bimbingan langsung kepada para jamaah saat menjalankan ibadah dengan para Muthowif dan pembimbing yang sangat berpengalaman dan sesuai dengan sunnah dan tuntunan Al-Quran.

Bagi Anda yang ingin menjalankan umrah maupun haji serta merasakan kekhusyukan beribadah di Tanah Suci, segera daftarkan diri Anda ke Multazam Utama Tour dan buktikan sendiri. Segera hubungi customer service di (021) 42885027/28 untuk melakukan pemesanan atau hubungi kantor Multazam Utama terdekat di wilayah Anda.

3 recommended
comments icon 0 comments
0 notes
54 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *