Peringati Hari Bumi, Mahasiswa Mesin Universitas Pancasila Lakukan Aksi Bersih Sungai Ciliwung

22


Depok – Hari Bumi Dunia yang jatuh pada tanggal 22 April diperingati dengan aksi bersih-bersih sungai Ciliwung. Aksi yang di promotori oleh Mahasiswa Mesin Universitas Pancasila Jakarta Selatan. Acara yang dilaksanakan di sungai Ciliwung, Jln. Boulevard Grand Depok City, Pancoran Mas, Depok diikuti 80 peserta dari mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Ketua pelaksana kegiatan Fikhi Syahnur Ramadhan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasila yang merupakan wujud implementasi dari Tri Dharma perguruan tinggi tentang pengabdian masyarakat.

“Acara ini merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasila sebagai wujud implementasi Tri Dharma PT tentang pengabdian,”tegasnya di Depok (22/04/2019).

Rangkaian kegiatan yang mengangkat tema “Caring and Teaching” ini diantaranya aksi bersih-bersih bantaran sungai Ciliwung, pembuatan ecobrick, pembuatan komposter, penanaman bibit pohon bambu, dan pemasangan tiang lampu penerangan jalan.

Fikhi menambahkan acara ini dilaksanakan sebagai rasa kepedulian terhadap ekosistem sungai Ciliwung.

“Semua kegiatan tersebut kami lakukan sebagai bentuk dari keprihatinan kami tentang sampah-sampah yang ada di bantaran sungai dan juga untuk menjaga keseimbangan ekosistem di sungai Ciliwung”, jelasnya.

Dalam aksi bersih-bersih bantaran sungai Ciliwung, teman-teman Mahasiswa Mesin Universitas Pancasila yang dibantu relawan dari Komunitas Ciliwung Depok ini berhasil mengangkut sampah yang ada di bantaran sungai Ciliwung seberat 250 kg. Sampah yang berhasil diangkut, tidak dibiarkan begitu saja. Melainkan sampah tersebut dimanfaatkan menjadi ecobrick. Memanfaatkan botol plastik air kemasan, sampah-sampah anorganik dimasukkan kedalam botol plastik air kemasan tersebut untuk dijadikan beberapa buah bangku.

Fikhi menambahkan, Mahasiswa mesin Universitas Pancasila juga menanam beberapa bibit pohon tanaman bambu di sekitar bantaran sungai Ciliwung dan membuat komposter untuk sampah-sampah organik yang ada di bantaran sungai Ciliwung untuk dijadikan sebagai pupuk kompos.

“Selain itu, mahasiswa mesin Universitas Pancasila ini juga berinisiatif untuk membuat tiang lampu penerangan jalan akses menuju dermaga Ciliwung Depok dan juga pemasangan lampu untuk memantau aliran sungai Ciliwung,” tambahnya.

2 recommended
comments icon 2 comments
2 notes
25 views
bookmark icon

Write a comment...

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *